Assalamualaikum Selamat Datang Di Blog Ocha Photografi Blog
Assalamualaikum Selamat Datang Di Blog Ocha Photografi Blog

Minggu, 08 Januari 2017

Cara menambah tulisan pada foto

Dengan menambah tulisan atau teks baik berupa huruf maupun angka pada sebuah foto akan menambah nilai dan makna tersendiri pada photo tersebut.. Foto menjadi lebih mempunyai tambahan informasi, tergantung tulisan atau teks apa yang kita buat. Biasanya tulisan pada foto bisa berupa judul foto, atau nama, tanggal  saat pengambilan foto, lokasi,  komentar tentang isi foto, dan sebagainya.  Bagaimana  membuat  dan menambah tulisan atau teks pada sebuah foto? Baca saja tulisan di bawah ini.



A. TUTORIAL CARA MEMBUAT TULISAN DI PHOTOSHOP
Tulisan yang lumayan panjang  ini adalah tutorial dasar  bagi pemula yang baru belajar photoshop. Untuk detailnya silahkan berkreasi sendiri, Agar cepat dan mudah dimengerti, saya lengkapi  juga dengan beberapa gambar/ilustrasi  sederhana untuk memahami langkah-langkah maupun tahap-tahap tentang cara membuat tulisan dan teks pada foto dengan photoshop.

Langkah 1: 
Buka program adobe photoshop cs2 atau  cs3, cs4, cs5, Cs6  atau berapa saja yang kita punyai.

Langkah 2 :
Buka foto : Klik File > Open > pilih Foto> OK.   Kali ini saya ambil contoh foto pemandangan air terjun Niagara berukuran 4R (15,2cm x 10,2 cm)

Langkah 3:
Aktifkan Type Tools  :  Klik Window > Centang (Check/Contreng) Tools > Klik kanan Type Tools > Horizontal Type Tools.(T).
Langkah 4.
Aktifkan Option Bar : Klik Window > Centang  Option.  Akan muncul kotak dialog atau kotak isian pada Option Bar. Ini berfungsi untuk pengaturan huruf dari teks pada foto yang akan tampil. Yang paling utama kita isi yaitu  (urut dari kiri ke kanan)  : Orientasi huruf, font huruf. ukuran huruf, dan warna huruf. Yang lain dapat anda baca sendiri.  Pada tutorial membuat tulisan di photoshop  ini saya pilih isian  sebagai berikut :
  • Orientasi huruf  : Vertikal
  • Font huruf         : Arial Black
  • Ukuran huruf     : 30 px
  • Warna huruf      : merah
Langkah 5.
Mulai membuat atau menambah tulisan pada foto menggunakan program Adobe Photoshop CS apa saja milik anda.  Caranya sebagai berikut  :
  • Pertama : Arahkan kursor pada foto.  Di mana? Sesuai dengan keinginan, dapat di tengah photo atau gambar, di tepi, pojok, atas, bawah, kanan, kiri, dimanapun sesuka kita,
  • Kedua :  Ketikkan tulisan : AIR TERJUN NIAGARA.  Saya ambil contoh foto pemandangan dengan tulisan AIR TERJUN  NIAGARA.
  • Ketiga : Eksekusi :  Klik Centang pada Option Bar.  Atau klik Move Tool (V) > Apply.
  • Kalau yang tertulis sudah benar atau sudah oke maka  klik tanda centang pada kotak Option, atau klik Move Tool > klik Apply  
  • kalau batal klik tanda stop, atau kik Move Tool > klik Cancel. Tulisan pada foto sudah tertulis dan ini akan menjadi layer baru dengan nama  AIR TERJUN NIAGARA.
  • Keempat :  Ulangi lagi menambah teks/tulisan pada foto di bawah tulisan yang pertama. Ketikkan tulisan : KANADA. Ini juga terbentuk layer baru dengan nama KANADA. Untuk eksekusi sama dengan langkah di atas.

0 komentar:

Posting Komentar